EKRUT : Transformasi Digital Cari Kerja Bagi Para Millenial

ekrut platform online talent market place sebagai sarana transformasi cara baru cari kerja Indonesia

Revolusi Industri 4.0 dan Sumber Daya Manusia Indonesia

Mengingat kembali materi selama saya menjadi guru sejarah, revolusi sebagaimana didefinisikan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah suatu perubahan yang mendasar pada suatu bidang. Sedangkan industri ialah kegiatan proses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan. Jadi, dapat saya simpulkan bahwa revolusi industri berarti suatu perubahan yang mendasar, berlangsung dengan secara cepat terhadap proses atau kegiatan mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan.


Proses Revolusi Industri ini telah berlangsung sejak akhir abad ke-18. Proses ini dilatarbelakangi gagasan masyarakat Inggris (dan menyebar ke negara-negara di kawasan Eropa lainnya) untuk bisa menghasilkan produksi yang lebih besar dari sebelumnya. Memicu banyaknya inovasi baru yang pada akhirnya menggeser budaya dan wajah perekonomian dunia. Dari yang semula masih berpusat pada sistem agraris, industri tradisional dengan tenaga manual menjadi sistem manufaktur yang berbasis pabrik.

Pada perkembangan selanjutnya, perubahan ini menjadi titik penting dalam sejarah diseluruh dunia. Ada sisi positif maupun negatifnya, misalnya muncul urbanisasi dan eksploitasi tenaga manusia. Segala upaya untuk mengatasi keterbatasan tersebut, mendorong revolusi tahap selanjutnya. Tahap kedua di akhir abad 19 menghasilkan banyak penemuan baru misalnya bola lampu, tenaga listrik dan telepon yang semakin mendorong kinerja usaha bahkan modernisasi dunia.

Setelah revolusi industri ketiga, apalagi setelah penemuan internet, dunia menjadi semakin global. Perkembangan dunia begitu pesat hingga memasuki masa Revolusi Industri 4.0. Istilah Fourth Industrial Revolution (4IR) ini pertama kali dicetuskan oleh Klaus Schwab, seroang ekonom Jerman pendiri dan ketua eksekutif Forum Ekonomi Dunia (World Economics Forum). 

Era industri keempat ini eleman utamanya ialah digitalisasi, mensinergikan aspek fisik, digital dan biologi atau yang disebut sebagai sistem siber fisik. Penerapan secara nyata dapat dilihat pada pemanfaatan kecerdasan buatan (artifcial inteligence), robotika dan kemampuan komputer belajar dari data (machine learning), pada manufaktur. Di dalamnya tercakup pemanfaatan data skala besar (big data), teknik penyimpanan data di awan (cloud computing) serta konektivitas internet.

Indonesia, sebagaimana seluruh bangsa lain di dunia, mau tidak mau, siap tidak siap harus menapaki era revolusi Industri 4.0. Pemerintah Indonesia merespon dengan meluncurkan Peta Jalan Indonesia 4.0 (road map making Indonesia 4.0) pada bulan April 2018. Peta jalan ini tujuan utamanya ialah memberikan arahan bagaimana Indonesia mampu bersikap menghadapi Revolusi Industri 4.0. Sebagai pedoman arah langkah strategis bagi setiap elemen negara mulai dari institusi pemerintahan, asosiasi dan pelaku industri hingga unsur lain.

Revolusi Industri 4.0 menuntut manusia sebagai sumber daya yang cakap dan terampil. Persaingan yang ketat tidak hanya terjadi antar kualitas manusia secara global, melainkan dengan kecerdasan buatan dan robotik yang semakin berkembang pemanfaatannya 

Daya saing Indonesia bisa diperkuat melalui penguatan sumber daya manusia (SDM). Alasan utamanya ialah karena jumlah penduduk Indonesia yang besar. Kekuatan Indonesia itu akan dirasakan manfaatnya pada saat puncak bonus demografi. 

Bonus demografi ialah suatu keadaan dimana keadaan suatu negara yang memiliki jumlah penduduk dalam rentang usia tenaga kerja produktif lebih banyak dari penduduk yang sudah memasuki usia non-produktif. Ditilik dari tahun kelahirannya, yang termasuk kategori tenaga kerja produktif ini sering disebut sebagai generasi Millenial dan Gen Z.

Setiap individu yang memiliki keinginan dan daya saing di masa ini harus bersiap secara mental dan skill yang mempunyai keunggulan persaingan (competitive advantage). Caranya ialah dengan mempersiapkan mental dan skill yang mempunyai sikap perilaku yang baik, menaikkan kompetensi diri dan memiliki semangat literasi. Terutama literasi dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Transformasi Digital dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0

Tanpa diduga, pandemi Covid-19 merebak di sepanjang tahun 2020 dan mengubah tatanan dunia. Protokol kesehatan diberlakukan demi mencegah penyebaran lebih lanjut. Berimbas pada semua lini kehidupan, sehingga mendorong kita untuk lebih cepat lagi melakukan perubahan alias bertransformasi.

Pada era ini, tujuan transformasi digital ialah agar perekonomian membaik dan stabil.  Pemerintah menyusun program percepatan transformasi digital Indonesia dalam lima langkah strategis.


Perubahan besar pun terjadi pada model bisnis, diseluruh rantai industri dari hulu hingga ke hilir. Di dunia bisnis pada umumnya, kejelian melihat peluang sangatlah penting. Sebuah perusahaan perlu menjalani transformasi digital sebagai langkah pertama menuju revolusi bisnis agar bisa bertahan sekaligus menjadi batu loncatan untuk menyambut Industri 4.0.

Transformasi digital yang dimaksud meliputi seluruh aspek perusahaan, yaitu : 
Yang Pertama ialah melalui digitalisasi manufaktur. Contohnya, dalam bidang proses produksi suatu industri diimplementasikan dengan menghubungkan semua perangkat manufaktur dengan internet. 

Keuntungan otomatisasi ini sangat banyak diantaranya proses produksi yang lebih efektif dan efisien. Konsep yang dikenal dengan nama mass factory ini tidak hanya akan meningkatkan produksi barang secara massal tetapi juga efisiensi pemanfaatan sumber daya yang ada terutama sumber daya manusia.

Hal ini dapat dilihat dari dua sisi. Dominasi teknologi seolah-olah akan mengancam ketersediaan pekerjaan. Mesin yang dapat bekerja secara mandiri tidak lagi membutuhkan operator manusia. Namun sesungguhnya proses tersebut tidak bisa berlangsung secara instan, tetapi perlahan-lahan dan tetap membutuhkan supervisi dari manusia, sehingga akan membuka peluang lapangan kerja baru yang lebih luas. 

Yang kedua ialah dalam manajemen sumber daya manusia. Perusahaan berlomba-lomba dalam melakukan efisiensi, bahkan dalam cara merekrut talent yang akan bergabung dengan perusahaan. Salah satunya melalui  Digital talent recruitment.

Yang ketiga ialah bidang yang dirasakan secara nyata oleh konsumen, yaitu pemasaran produk dan jasa melalui digital marketing. 

EKRUT : Transformasi Digital Cari Kerja

 
Ekrut ialah platform berkonsep talent marketplace berbasis teknologi yang menyingkat waktu dan proses pencarian kerja bagi para individu yang bertalenta di bidang digital, informasi, teknologi dan telekomunikasi.

Berpengalaman sejak tahun 2016, Ekrut mendukung transformasi digital dengan cara baru cari kerja. Kandidat pencari kerja yang berkemampuan mumpuni itulah yang akan diburu oleh perusahaan. Analoginya, talent atau pencari kerja adalah produk yang ditawarkan, sedangkan perusahaan / employer Ialah para pembeli yang membutuhkan kemampuan tersebut untuk mengembangkan usahanya.




Ekrut 
hadir untuk membantu sumber daya manusia bertalenta digital di Indonesia "berjodoh" dengan perusahaan yang menawarakan value alias nilai terbaik. Nilai disini tidak hanya dari naik gaji, mencakup juga scope of work idaman, lingkungan kerja nyaman, posisi yang lebih mapan, jenjang promosi yang jelas, jaminan kesehatan bahkan pensiun yang lebih baik dan lain sebagainya.

Keuntungan bergabung dengan ekrut



A). Bagi Perusahaan
1. Rekrutmen Efektif, Hemat Waktu dan Sumberdaya 
Perusahan tidak perlu mengadakan open recruitmen terbuka. Menghemat waktu, mulai dari tidak perlu memasang iklan lowongan kerja hingga menyeleksi kandidat sendiri. Cukup bergabung dengan Ekrut dan langsung cari kandidat berkompetensi sesuai kebutuhan usaha.

2. Sistem Kurasi dan Alogaritma
Ekrut menghadirkan sistem kurasi yang memudahkan employer mencari kandidat secara spesifik. Alogaritma yang digunakan ialah Marketplace Curation Algorithym (MCA). Langsung memberikan lima hingga sepuluh persen kandidat teratas yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan perusahaan. Ditunjang pula dengan Ekrut Recommeder System (ERS), yang mencocokkan para kandidat profesional dengan menilik pada pengalaman dan prefensi yang dipilih pada saat mereka mendaftarkan diri. Jadi tidak terbatas hanya berdasarkan latar belakang keilmuan saja.
 
3. Mencari dan Memeriksa Resume Kandidat Gratis
Employer dapat langsung memeriksa resume talent secara gratis.

4. Sistem Notifikasi Untuk Memanggil Interview
Menghemat waktu dan tenaga karena pengingat  interview akan langsung dikirimkan pada kandidat melalu sistem notifikasi otomatis.

5. Berlangganan Mudah
Cukup hubungi marketing Ekrut dan berlangganan sebagaimana ratusan klien perusahaan ternama di Indonesia, perusahaan digital baik startup hingga unicorn.

6. Informasi Terkini di Bidang Human Resources dan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Didukung dengan pendanaan yang mumpuni, Ekrut memiliki tim yang aktif memberikan informasi terkini mengenai dunia usaha di situs resmi maupun media sosialnya. Dapat menjadi referensi dalam perkembangan tren terbaru proses rekruitmen maupun hal-hal lain.


B) Bagi Pencari Kerja

1. Lebih Efisien
Proses rekrutmen akan diorganisir dengan jelas. Hanya dengan sekali mendaftar, maka kita berpeluang untuk melamar ke berbagai pekerjaan. Sangat ideal untuk kondisi saat ini yang tidak memungkinkan untuk banyak bepergian demi mengirim lamaran ke banyak perusahaan. Langkahnya cukup mudah : daftar, lengkapi persyaratan, konsultasi dengan talent advocate, tunggu panggilan interview lalu pilih pekerjaan idaman.

 


2.Bisa Melihat Rincian Data di Profesi Idaman
Kita berpeluang memperoleh pekerjaan di perusahaan idaman sesuai dengan posisi, divisi dan gaji yang diinginkan. Pada saat mendaftar, kita pun akan memberikan detil preferensi yang kita harapkan : lokasi penempatan, kisaran gaji (apakah masih bisa dinegosiasikan),  dan besar skala perusahaan . 



3. Sistem Notifikasi Interview, Update Rekrutmen dan Langkah Selanjutnya
Memudahkan kelancaran proses rekruitmen. 

4. Pendampingan Oleh Talent Advocate
Membantu pelamar memilih perusahaan sesuai kriteria melalui coaching, melengkapi profil di platform hingga memberikan tips seputar wawancara dengan perusahaan. 

5. Talent marketplace yang dijamin kerahasiaannya
Tidak hanya pelamar yang sedang mencari pekerjaan secara aktif,  Ekrut juga memfasilitasi para pencari kerja pasif. Mereka ialah para pekerja yang sudah memiliki pekerjaan namun karena suatu alasan tertentu tetap melihat peluang perkejaan yang mampu menawarkan value lebih baik sebagaimana saya jelaskan di atas. Namun tenang saja, kemanan dan kerahasiaan data dijamin, sehingga perusahaan lama tidak akan mengetahuinya. 

6. Pendaftaran Gratis
Kita cukup mendaftarkan diri, maka akan mendapatkan keanggotaan gratis tanpa perlu menaikkan status keanggotaan.

7. Dapatkan Informasi Terkini Mengenai Proses Rekruitmen dan Bisnis Pada Umumnya. 
Informasi yang dibagikan di situs dan media sosial Ekrut sangat bermanfaat dan mudah diaplikasikan dalam dunia kerja. Ada juga tips menarik, mulai dari bagaimana menjadi pribadi yang disukai di kantor bagaimana cara kita mengisi waktu luang.  

8. Dapatkan Komisi dengan Mempromosikan Pada Teman
Setiap memberikan informasi mengenai Ekrut, kemudian ada teman yang bergabung melalui kode referal, maka kita akan mendapatkan imbalan sejumlah uang.
9. kontes berhadiah Secara berkala Ekrut mengadakan kontes berhadiah jutaan rupiah. Biasanya ditujukan untuk melihat kemampuan talent yang memiliki pekerjaan programmer. Jika memang, lumayan menambah portofolio di resume.


 ❤❤❤❤❤❤

Yuk, digital talent atau pada pekerja high skill yang ingin naik gaji, mari daftarkan diri anda ke cara cari kerja Indonesia melalui Ekrut dan temukan peluang kerja baru yang sesuai minat dengan mudah. 









Disclaimer : Artikel ini diikutsertakan dalam #EkrutBlogCompetition
Sumber : 
-Tangkapan layar www.ekrut.com,  IG @EKRUTofficial dan @Jokowi diakses pada 27 November 2020
Schwab, Klaus, 2019, Revolusi Industri Keempat, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, diakses melalui Ipusnas pada 16 November 2020
Infografis editor dan free vector : Canva