Gen Z dan Millenial : Peluang di IDN APP

Gen Z dan Millenial : Tangkap Peluang Mengisi Waktu Luang untuk Menghasilkan Uang dengan membaca IDN APP
IDN-App



Pengalaman mengajar di Madrasah Aliyah selama kurang lebih dua setengah tahun membawa saya ke perspektif baru. Meskipun dari segi usia, saya sendiri masih termasuk kategori generasi millenial, bergaul dengan remaja yang usianya terpaut setengah dari usia saya, membuat saya menjadi lebih berjiwa muda, aktif dan dinamis. Disamping itu, saya pun sebagai guru dituntut untuk memahami fenomena dan karakteristik kawula muda yang sering disebut sebagai Gen Z ini.

Berdasarkan pengamatan saya, budaya literasi siswa saya masih cenderung rendah. Literasi, dapat dimaknai ‘keberaksaraan’ dan selanjutnya dimaknai ‘melek’ atau ‘keterpahaman’. literasi adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/berbicara. Jika digambarkan, literasi berproses sebagai berikut :


Sementara agar dapat memenuhi tuntunan di abad 21, siswa harus menguasai enam literasi dasar, yaitu literasi baca-tulis, literasi berhitung, literasi sains, literasi teknologi informasi dan komunikasi, literasi keuangan, serta literasi budaya dan kewarganegaraan. Tiga literasi lainnya yang perlu dikuasai adalah literasi kesehatan, literasi keselamatan (jalan, mitigasi bencana), dan literasi kriminal ( disebut juga “sekolah aman)”.

Dua hal yang terlihat kontradiktif, di satu sisi, para siswa kurang memiliki minat baca-tulis, sedangkan di sisi lain, mereka memiliki akses lompatan langsung ke multiliterasi teknologi informasi dan komunikasi melalui smartphone / gawai.

Bahkan boleh dikatakan, screen time mereka lumayan tinggi. Semakin meningkat akibat pandemi Covid-19. Kegiatan belajar mengajar maupun saat melanjutkan ke jenjang perkuliahan pun, dilakukan secara daring. 

Sejatinya, mereka cenderung kritis, butuh informasi update dan aktual menyangkut apa yang mereka minati. Sayangnya, di usia belia tersebut mereka juga masih mudah bingung, akan kebenaran suatu berita. Mana yang fakta dan mana yang hoaks belaka.

Saya berusaha menekankan, jangan mudah terpengaruh informasi berantai yang beredar di media sosial atau aplikasi chat. Carilah informasi yang dapat dipertanggungjawabkan, salah satunya dari situs baca berita terpercaya.

Membaca berita melalui situs yang memiliki aplikasi baca berita ini adalah salah satu win-win solution atau jalan tengah yang mampu menjembatani peningkatan kemampuan literasi siswa dan Gen Z pada umumnya. Stimulus agar siswa mau membaca dengan cara yang menyenangkan, yaitu melalui media yang kekinian dan akrab dengan keseharian mereka.

Aplikasi yang saya rekomendasikan adalah IDN App.  Yuk kita kenalan dengan kelebihannya berdasarkan huruf pembentuknya :

review-IDN-App

IDN App adalah platform baca berita yang terbilang baru, diluncurkan pada tanggal 16 Juni 2020. Meski demikian, aplikasi ini langsung mendapatkan sambutan meriah, terbukti dengan dalam waktu enam bulan saja sudah di unduh sebanyak lebih dari 100.000 kali. 

Jelas saja, para pembaca setia IDN Times --yang jumlah pengunjung per bulannya lebih dari 50 juta-- pasti akan segera bermigrasi ke versi aplikasinya. Jumlah pembaca yang tinggi ini karena kepercayaan akan kredibilitas situs IDN Times dengan cita-cita IDN Media untuk mendemokratisasi informasi. Berita dan informasi yang disajikan terpercaya karena meskipun ditulis secara independen, sudah lolos proses kurasi dan tetap menjunjung kode etik jurnalistik.

IDN App memang menyasar milenial dan gen Z. Sehingga, judul tidak ada clickbait yang menyesatkan serta isi konten sesuai dan  menggunakan bahasa yang mudah dimengerti  oleh generasi muda ini. Tidak ada lagi istilah "kening berkerut" saat sedang mencerna berita dengan kosa kata yang menyulitkan mereka. 


download-IDN-App


Membaca melalui IDN App adalah pilihan cerdas karena aplikasi ini berukuran ringan, lebih hemat dalam pemakaian kuota internet dan bebas iklan. Nah, kalau ingin mengunduhnya langsung saja  cari IDN App di google play store maupun apple store atau langsung klik icon di bawah ini :


Setelah diunduh, kita bisa mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja, sepanjang ada kuota internet / wifi yang terhubung ke gawai yang digunakan. 

Canggihnya, IDN App telah memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang akan menyuguhkan berita di newsfeed sesuai dengan topik dan apa yang menjadi pilihan kita sendiri. Tentunya agar bisa optimal, kita harus meregistrasikan diri terlebih dahulu. Tenang saja, prosesnya mudah, cukup mendaftarkan email aktif atau akun Facebook dan sejumlah data yang diminta. 

fitur-lengkap-

Setelah proses registrasi, kita akan menikmati aneka fitur yang ditawarkan IDN App.

Homepage / Newsfeed dilengkapi dengan delapan pilihan kategori :
❤ Semua : Menampilkan seluruh informasi dan berita terbaru
Tanya jawab : Kita Bisa mengajukan pertanyaan dan membantu menjawab pertanyaan yang telah diajukan sebelumnya.
❤ Rekomendasi : Menampilkan berita pilihan dari redaksi 
❤ Untukmu : dispesifikasikan sesuai dengan topik favorit yang sudah dipilih sendiri oleh pembaca
❤ Terbaru : Menyajikan berita up to date hari ini.
❤ Topik : Memuat 42 topik menarik yang bisa kita pilih sesuai minat
❤ Populer : Memuat informasi yang paling trending dari semua topik
❤ Unik : Menampilkan informasi pilihan dari redaksi yang ringan dan unik 

Setiap berita dan informasi yang kita baca akan terekam jejaknya secara otomatis, dan dapat dilihat kembali melalui icon profil lalu klik history. Namun apabila kita merasa informasi tersebut sangat penting, kita bisa menandainya dengan bookmark atau membagikannya melalui icon share yang terkoneksi dengan berbagai aplikasi mulai dari whatsapp hingga status dan story di sosial media.

Selain sebagai pembaca, kita juga bisa memberikan kontribusi aktif sebagai penulis. Caranya mudah, tinggal klik tombol tambah dibagian tengah, lalu kita bisa melanjutkan proses menulis dengan mengikuti template dan guideline yang telah disediakan. Bila hasil tulisan kita lolos oleh kurasi editor  IDN App. maka kita akan memperoleh rewards dalam bentuk poin yang mudah di redeem menjadi uang yang akan langsung ditrasnfer ke nomor rekening yang didaftarkan.




antar-muka-idn-app


IDN App mengusung warna dominan putih dan merah yang menarik. Secara tidak langsung membangkitkan semangat nasionalisme dan kecintaan pada Indonesia karena akan selalu mengingatkan pada sang saka merah putih.

Ada mode malam yang bisa diatur menjadi otomatis di bagian pengaturan. Begitu memasuki waktu malam, layar menjadi gelap, sehingga nyaman untuk membaca di saat pencahayaan temaram. Saat mode malam dinyalakan, warna merahnya tetap stand out.

Navigasinya mudah, dengan sistem scroll / gulir, mudah dioperasikan dengan satu tangan saja. Icon yang digunakan pun universal, misalnya icon rumah untuk "home" dan icon kaca pembesar untuk explore.

Di bagian profile, tampilannya bergaya seperti sosial media. Kita bisa mengikuti penulis yang kita sukai dan sebaliknya seandainya tulisan kita ada yang suka, maka kemungkinan kita akan memperoleh pengikut. Di lengkapi pula informasi mengenai tulisan yang kita buat, berapakah viewersnya dan apakah berbagai pertanyaan serta jawaban yang pernah kita ajukan, mendapatkan respon dari pembaca lainnya.






Di IDN App banyak promo dan event seru, bisa diaskses melaui icon explore. Pada saat tulisan ini, dibuat, promo menulis 30 artikel akan memperoleh hingga 10.000 poin atau setara dengan satu juta rupiah. Serta banyak lagi promo lainnya.

Ada bagian informasi event tahunan Indonesia Millenial Summit, yang akan ditaja setiap tahunnya.


Di sekolah tempat saya mengajar, salah satu pendidikan karakter yang diutamakan ialah kewirausahaan. Siswa diajari agar mampu menghasilkan produk yang memiliki nilai jual  melalui mata pelajaran prakarya dan seni budaya. Nilai muatan lokal juga diaplikasikan, mulai dari belajar memasak berbagai jenis menu tradisional hingga membuat prakarya dengan bahan yang mudah ditemukan seperti kulit kerang dan keong. Hasil karya tersebut tak jarang diikutsertakan dalam bazar baik di tingkat kecamatan hingga ke Kota Batam.

Dampaknya positif, setelah lulus sekolah, ada beberapa orang alumni yang saya ketahui telah menjalakan usahanya sendiri sambil melanjutkan kuliah.

Selaras dengan semangat tersebut, melalui IDN App Millenial dan Gen Z berpeluang mengisi waktu luang sesuai minat dan bakat. Nih, ada 5 contoh aktivitas bermanfaat yang bisa dicari inspirasinya di IDN App:


1. Memasakmenu inspiration di IDN app makanan
Aneka menu masakkan kekinian dibagikan di topik food (recipe) lengkap dengan langkah-langkahnya sehingga mudah di praktekan. Jangan khawatir, apabila dirasa kurang, masih ada sister app besutan IDN Media : Yummy .


2. Bercocok tanammenu inspiration di IDN app tanaman
Bila ingin mengikuti trend memelihara tanaman baik hias maupun yang bisa dikonsumsi, klik topik inspiration. Ada banyak informasi terkini dan hemat biaya.

3. Membuat aneka keterampilan menu DIY di IDN App
Ada banyak inspirasi untuk membuat aneka kerajinan tangan - prakarya hingga cara mendekorasi rumah yang gampang ditiru di topik life (DIY)

4. Bermain game onlinemenu game di IDN App
Saat ini beberapa game online sudah diakui eksistensinya sebagai e-sport dengan kompetisi yang menjanjikan hadiah luar biasa. Tidak ada salanya mulai mencari informasinya di topik tech (game) IDN App


5. Menulismenulis di IDN APP
Sebagaimana yang sudah saya ceritakan diatas, lumayan banget, kalau menjadi kontributor IDN App.  Yang suka menulis puisi pun dapat mempublikasikan karyanya melalui  IDN App.


Gimana, seru 'kan? Masih banyak inspirasi lain yang bisa ditemukan Gen Z maupun Millenial di IDN App. Selama tidak menggannggu aktivitas utama sebagai pelajar / mahasiswa, siapa tahu, kalau diseriusi bisa membuka peluang menambahi uang jajan. Yuk, unduh aplikasikanya dan jadilah bagian dari IDN Community!!
❤❤❤❤❤







Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog IDN App
Sumber :
-Tangkapan layar IDN App dan www.idntimes.com
-Adiksi Telepon Pintar pada Tiga Generasi, Rizka Surya Ananda, PUSPENSOS, Kementrian Sosial, https://puspensos.kemsos.go.id/adiksi-telpon-pintar-pada-tiga-generasi, diakses pada 2 Desember 2020
-Indonesia Millenial report 2020, Tim IDN Times, https://cdn.idntimes.com/content-documents/Indonesia-millennial-report-2020-by-IDN-Research-Institute.pdf, diakses pada 2 Desember 2020
-Literasi Pembelajaran, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudyaan, 2017
Free vectors dan infografis editor : Pixton dan Canva