Persiapkan Tahun Ajaran Baru Bersama RuangBelajar dari RuangGuru

ruangbelajar-dari-ruangguru

Alhamdulillah, tak terasa sudah terlewati satu tahun ajaran lagi ditengah pendemi. Tidak bisa kita pungkiri, ada banyak tantangan yang harus dilewati para siswa dan orangtuanya dalam menghadapui era new normal ini. Pembelajaran yang dengan metode jarak jauh saya akui membuat saya selaku orang tua membawa perpektif baru dalam memandang dunia pendidikan. Meskipun saya sendiri sudah tak asing dengan kegiatan belajar mengajar karena sempat merasakan menjadi guru Madrasah Aliyah.

Saya yakin, ada banyak orang tua lainnya yang seperti saya atau mungkin bahkan lebih kesulitan dalam mendampingi putra putrinya belajar di rumah. Keterbatasan yang tidak hanya dari segi infrastruktur berupa ketersediaan gawai dan jaringan internet yang mumpuni, tetapi lebih dari itu. Ada yang berupa keterbatasan waktu dikarenakan kedua orang tua harus mencariu nafkah hingga yang tidak terelakkan, kekurangpahaman orang tua akan materi pembelajaran yang saat ini memang sudah lebih berkembang dibandingkan apa yang diterima di masa sekolah dahulu.

Dalam menghadapi tahun ajaran baru, orang tua yang peduli akan kemajuan pendidikan anandanya berusaha mencari bantuan. Dahulu biasanya didaftarkan dalam bimbingan belajar ataupun dipanggilkan guru belajar privat, sesuai dengan kemampuan. Namun lagi-lagi saat ini pembatasan ruang gerak  membuat aktivitas belajar online adalah salah satu pilihan termudah.

RuangBelajar dari RuangGuru

RuangGuru merupakan salah satu nama yang tidak asing lagi di kalangan dunia pendidikan. Merupakan platform layanan belajar online terbaik di Indonesia 

Saya sendiri pernah mendaftarkan diri sebagai salah seorang pengajar di aplikasi ruang guru. Sayangnya tidak saya follow up karena memang keterbatasan lokasi saya yang berada di pulau. Dan tentu saja saya merekomendasikan penggunaannya kepada para siswa saya.

Salah satu program unggulan dari RuangGuru ialah RuangBelajar.

Mengapa RuangBelajar dari RuangGuru? 


kelebihan-ruang-belajar


1. Kelas Online Interaktif

Sesuai dengan penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ), melalui kelas online berbasis teknologi siswa tetap bisa belajar secara interaktif melalui kemudahan mengakses ribuan materi dan video belajar  beranimasi, latihan soal dan rangkuman berbentuk infografis yang mudah dipahami, juga tersedia tryout persiapan ujian. Materi dan video belajar ini telah disusun dan dikurasi dengan baik agar sesuai dengan tingkat kebutuhan siswa di setiap tahapan.

Ada banyak pilihan kelas yang ditawarkan sesuai dengan tingkat pendidikan yang sedang ditem[uh oleh siswa.

2. Pengajar Master Teacher Berpengalaman

Sesuai dengan standar mutu yang diterapkan RuangGuru, para pengajar merupakan master teacher unggul yang telah mengkuti kegiatan bertaraf internasional. 

3. Jadwal Fleksibel

Video pembelajaran yang dapat di akses kapan saja dan dimana saja sehingga siswa dapat memahami konsep pembelajaran lebih mendalam. Pembelajaran yang dilakukan secara online mendukung siswa untuk bisa belajar dimana saja dan kapan saja dengan jadwal yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masingnya. Materi pembelajaran pun dapat diunduh sehingga memungkinkan pembelajaran secara offline.

4. Biaya Terjangkau dan Banyak Promo

Biaya kursus di RuangGuru sangat terjangkau jika dibandingkan dengan kursus online lainnya. ada potongan harga hingga 60 % bagi pendaftar di bulan ini bagi peserta satu tahun.

5. Fitur Lengkap



Ruangguru Pet

Sesuai dengan namanya tujuan dari fitur ini yaitu dapat menantang pengguna yang suka bermain game online menjadi lebih semangat dalam menuntaskan pelajaran. Tiga karakter teman belajar terdiri Candra the Bird of Paradise (Candra), Modo the Giant Dragon (Modo), dan Harry the Diamond Tiger (Harry).

Ruangguru Adventure

Adanya fitur gamification bikin anak semakin semangat belajar karena semakin rajin akan semakin banyak berkesempatan membawa banyak hadiah

Jadwal Belajar

Flekasibel, bebas bebas mengatur kapan saja waktu belajar.

Asah otak

Ada setelah pembahasan materi untuk menguji pemahaman.  Mengerjakan soal dari yang termudah, sedang, sulit dan HOTS (Higher Order Thinking Skill).

Dafa Lulu animasi SD

Belajar melalui video diharapkan mudah memahami dan tertantang untuk mencoba

Bank Soal

Disediakan latihan per bab, cek kemampuan, dan lain sebagainya.

Laporan Belajar

Orang tua bisa menjadikan laporan belajar ini sebahai metode pengawasan belajar anak secara menyeluruh. Laporan bisa diperoleh melalui aplikasi whatsapp. Sungguh praktis ya.

Memasuki bulan Juli ini, hadir beberapa fitur baru yang rilis di platform ruangbelajar, yaitu seperti fitur: 

 Adapto

Mengambil manfaat dari hasil nilai kuis di dalam video, membuat pembelajaran jauh lebih interaktif dengan jawaban yang mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya.

bertujuan agar siswa dapat ditingkatkan lagi dengan belajar sesuai kecepatan mereka sendiri dan memastikan mereka memahami materi sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya.

Rencana Belajar

Tujuan dari fitur Rencana Belajar atau Playlist Belajar adalah menciptakan kebiasaan yang lebih disiplin bagi pengguna serta memberikan rencana pembelajaran kepada pengguna sesuai dengan kebutuhannya.

Subtitle Video

Tujuan dari fitur Subtitle Video ini dapat membantu siswa untuk merekam video pembelajaran lebih banyak kata demi kata. Mereka kemudian dapat melihat konten secara mendetail selama menonton video dan memastikan siswa lebih mudah memahami poin pentingnya

Fitur Pencarian

Fungsi dari fitur pencarian sebagai fitur untuk pengguna yang sudah tahu apa yang harus dipelajari di aplikasi, tetapi membutuhkan cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran. Misalnya dengan memasukkan kata kunci dari mata pelajaran yang handak dipelajari.

Tes Minat Bakat

Fitur tes minat bakat ini bertujuan untuk mengetahui jurusan sesuai dengan pilihan siswa dengan membantu memperkirakan pekerjaan di masa mendatang yang cocok dengan hasil dari tes minat bakat  yang ditunjang oleh bakat yang dimilikinya.

❤❤❤❤❤

Jadi para siswa dan orang tua dalam menyambut tahun ajaran baru ini, selain persiapan fisik, agar mental bisa lebih tentam, siapkan juga anggaran untuk mendaftar di RuangKelas dari RuangGuru.